Menu


Check Website yang Mengalami Downtime
Screenshot Check Uptime Website lewat situs Uptrends.Com. Foto: screenshot

Screenshot Check Uptime Website lewat situs Uptrends.Com. Foto: screenshot

Senin pagi ini website subura.ID mengalami downtime atau tidak dapat diakses. Saya mencoba mengakses melalui beberapa IP Address tempat saya mengakses. Di antaranya lewat IP Telkom, Telkomsel, dan Huchison 3 Indonesia.

Dari tiga provider telekomunikasi tersebut terkadang masih dianggap kurang meyakinkan. Menurut beberapa kali laporan saya yang terdahulu pada Masterwebnet selaku penyedia layanan Internet (ISP) website ini, biasanya ada IP tertentu dari pengguna (pengakses website) yang terblokir sistem mereka.

Saya kemudian mengakses situs Uptrends.com yang menyediakan fasilitas untuk menguji website dari semua checkpoint di seluruh dunia. Hasilnya tampak seperti ini.

Oleh karena itu, saya kemudian melaporkan masalah ini ke Masterwebnet.

Sambil menunggu respon dari ISP, saya melakukan uji coba memberi tindakan atau aksi ping dari komputer saya ke host subura.id. Aksi ping ini dimaksudkan untuk mengukur waktu round-trip sebuah paket pesan kepada alamat IP subura.id, berapa lama sebuah host subura.id merespon pesan tersebut.

Dari hasil ping pada komputer Windows 10 saya diperoleh jawaban seperti ini.

Aksi ping pada komputer Windows. Foto: screenshot

Aksi ping pada komputer Windows. Foto: screenshot

Dari hasil pinging tersebut, tampaknya tidak ada gangguan yang berarti. subura.ID tampak memberikan respon wajar. Padahal, dari pengujian di atas jelas-jelas website tidak dapat diakses. Namun, selang beberapa saat melakukan aksi ping kembali, hasilnya tampak sedang ada perbaikan dan berganti IP Address.

Saya menunggu agak lama dan sebelumnya tidak ada informasi yang masuk ke email terkait gangguan ini. Mulai mengakses sejak jam 6 pagi sampai jam 10 siang belum berhasil diakses. Sudah ada jawaban dari Teknikal Support berusaha segera memperbaiki sistem. Tapi, ah sudahlah, sekarang website sudah bisa diakses kembali.

Baca juga:  Infografik Pos Populer suburaID Bulan Oktober 2018

Semoga tidak sering gangguan lagi. Semoga makin stabil terus dan terus stabil sehingga subura.ID bisa memberikan layanan konten yang, mudah-mudahan selalu sehat bermanfaat dan barokah. Aamiin.

 


Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *