Menu


Suka Mencoba Tantangan, Wanita-pun Bisa Menjadi Calon System Administrator
CheatSheet Linux Commands. Source: https://img.tradepub.com/free/w_makb09/images/w_makb09c8.jpg

CheatSheet Linux Commands. Source: https://img.tradepub.com/free/w_makb09/images/w_makb09c8.jpg

Hari ini usai mengajar di Laboratorium Komputer, saya melihat wajah-wajah mahasiswa banyak yang tergagap-gagap dengan materi Cloud Computing. Mereka sepertinya cukup kaget dengan perintah-perintah Linux. (Lah, ini kan semestinya mudah ya kan?)

Apalagi, di akhir pertemuan saya memberikan ‘ancaman’ pada mereka, jika gagal mengerjakan tugas membangun Server Cloud beserta layanan-layanannya, maka mereka dipersilakan mengulang di semester berikutnya. (Ini juga mestinya mudah, kan?)

Saya memberi contoh beberapa orang mahasiswa yang mengulang di semester ini dan ikut kembali di kelas saya. Padahal, beberapa temannya sudah lulus sarjana. Kebanyakan mereka gagal menyelesaikan tugas atau proyek akhir. (dulu, saya juga merasa sesak melihat teman-teman sudah pada lulus, sedangkan saya belum… ihiks…)

Menurut saya, sebenarnya tidak terlalu sulit mempelajari Linux Commands, karena sekarang ini sudah banyak tutorial yang mudah didapat dan gratis. Saking banyaknya, saya sendiri malah sering kelupaan. Maklum, seiring usia, sehari-hari sudah tidak bermain teknis seperti ini lagi.

Bagi yang masih muda dan berbadan kuat, saran saya perbanyak lah jam terbang dengan membuat Challenge, baik latihan mandiri, mengikuti komunitas, atau bergabung dalam pekerjaan proyek. Ini akan memperbanyak pengalaman.

Bagi yang tidak sempat dan modal tipis, tutorial yang saya sampaikan di kelas kalau mau bisa di-video-kan sendiri atau di-capture sendiri dengan handphone canggihnya masing-masing. Ini mengingat waktu tatap muka hanya satu sampai dua jam saja. Rasanya terlalu singkat mempelajari perintah-perintah Linux/Unix itu dengan mengikuti step-by-step di kelas.

Saya masih ingat, di tahun sebelumnya, seorang mahasiswi — wanita loh — merekam sendiri tahapan demi tahapan langkah-langkah yang saya peragakan di kelas. Tak lupa, perintah-perintah itu kemudian saya bagikan lagi di Classroom untuk diulang kembali di rumah. Hasilnya, mahasiswi ini pun mampu menyelesaikan tugas akhir, persis cara-cara yang saya peragakan tadi. Sederhana, kan?

Baca juga:  Tutorial Membangun Website dengan Wordpress

Berikut ini beberapa panduan yang hari ini saya temukan gratis di beberapa sumber. Selain buat dokumentasi saya sendiri, silakan diunduh barangkali membantu belajar Linux/Unix.

[1] 60 Commands of Linux : A Guide from Newbies to System Administrator
[2] 10 Useful Free Linux eBooks for Newbies and Administrators
[3] Cheat Sheet Linux Commands. Source: https://img.tradepub.com/free/w_makb09/images/w_makb09c8.jpg
[4] Initial Ubuntu Server Setup for Beginners
[5] Ubuntu 14.04 Server Installation Guide and Setup LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP)
[6] Ubuntu Server Guide
[7] Ubuntu Cloud
[8] OpenStack “Rocky” Documentation


Baca juga:

Minggu, 14 Mei 2017 : 00:13 Wita
Tenang, Soal Rezeki Sudah Ada yang Mengatur
Tenang, Soal Rezeki Sudah Ada yang Mengatur
Rabu, 11 Oktober 2017 : 05:46 Wita
Disrupsi, Menggusur Cara Lama Menuju Cara Modern
Disrupsi, Menggusur Cara Lama Menuju Cara Modern
Minggu, 5 November 2017 : 13:41 Wita
Gara-gara Obrolan Daring Whatsapp!
Gara-gara Obrolan Daring Whatsapp!
Kamis, 27 September 2018 : 06:02 Wita
Melariskan Usaha Sesama Anak Bangsa
Melariskan Usaha Sesama Anak Bangsa

Satu tanggapan untuk “Suka Mencoba Tantangan, Wanita-pun Bisa Menjadi Calon System Administrator”

  1. Fuad arianto berkata:

    Terima kasih atas motifasinya pak selama ini.terus berbagi pengalaman ya pak untuk memotifasi kami yang sedang belajar ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *