Menu


Cloud Computing, Belajar Memasang OwnCloud, NextCloud, dan OpenStack
Why Openstack. Steve Tegeler. Director, System Engineering - VMWare. Youtube

Why Openstack. Steve Tegeler. Director, System Engineering – VMWare. Youtube

Baik OwncloudNextCloud, dan OpenStack adalah platform perangkat lunak open source untuk IaaS. Ketiganya digunakan untuk membuat pengelolaan komputasi awan (Cloud Computing) agar lebih mudah dan lebih efisien.

OwnCloud lebih mudah penggunaannya dan persyaratan infrastrukturnya juga ringan sekali. Kebutuhan hardware-nya tidak begitu besar. Begitu juga dengan NextCloud. Sedangkan OpenStack cukup sulit instalasinya, tetapi jika sudah cukup mengenal kelebihannya maka penggunaannya mempermudah dan kaya fitur (OpenStack menyebutnya sebagai komponen).

Untuk belajar memahami fitur-fitur komputasi awan, untuk pemula diarahkan lebih mudah mempelajari OwnCloud lebih dulu. Mulai dari cara memasang (Install), sampai cara memanfaatkan fitur-fiturnya sesuai kebutuhan (on demand). Apabila kebutuhannya lebih spesifik, bisa memilih NextCloud.

Setelah dirasa cukup memanfaatkan fitur yang disediakan, biasanya akan meningkatkan keinginan namun fiturnya memiliki beberapa kekurangan. Nah, kekurangan ini bisa ditambal oleh OpenStack.

Pelajaran pertama, tutorial instalasi baik OwnCloud banyak sekali di Youtube seperti disini. Silakan Anda pilih sendiri. Sedangkan untuk OpenStack pada Sistem Operasi Ubuntu 16.04, berikut mungkin ini sedikit berguna untuk dicoba.

Referensi:

 

 

Baca juga:  Disrupsi, Menggusur Cara Lama Menuju Cara Modern

Baca juga:

Kamis, 14 Desember 2017 : 04:03 Wita
Orang IT itu Memang Harus Bisa Segalanya!
Orang IT itu Memang Harus Bisa Segalanya!
Rabu, 7 November 2018 : 14:21 Wita
Gaji Naik, Apa yang Anda Pikirkan?
Gaji Naik, Apa yang Anda Pikirkan?
Sabtu, 17 Maret 2018 : 23:17 Wita
Belajar dari Jemuran
Belajar dari Jemuran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *