Selama bulan Oktober kemarin hampir setiap hari suburaID melakukan pembaruan konten. Memasuki awal bulan November ini saya coba melakukan evaluasi dengan membaca statistik di balik suburaID.
Sistem yang digunakan pembacaan statistik lalu lintas data yang digunakan disini ada dua. Satu berasal dari back-end suburaID yaitu Awstats, dan satu lagi menggunakan Google Analytics.
Dengan menggunakan dua sistem tersebut hasilnya diharapkan dapat digunakan untuk perencanaan posting artikel ke depan. Setidak ada prinsip 5W dan 1H yang digunakan untuk mengamati dan menganalisis artikel yang telah terbit.
Lima W dan 1 H itu antara lain “What, Why, Where, When, Who, dan How”, kemudian diikuti kalimat berikut ini: “Artikel yang paling banyak diminati pembaca untuk dibaca maupun ditelusuri lewat mesin pencarian Google. Peru diingat juga, Google Adsense juga membaca judul, deskripsi, dan isi artikel yang sesuai dengan Adsense.”
Selama bulan Oktober kemarin ternyata menurut penilaian subyektif saya cukup bagus untuk tahap pertama. Berikut hasil statistik perolehan suara pembaca yang paling populer di bulan Oktober 2018 seperti pada infografik.
Kemungkinan blog-blog saat ini banyak yang tidak lagi update bisa jadi mengingat saat ini blog sudah bergeser ke bentuk komunitas digital atau media massa seperti mojok.co, beritagar.id, kumparan.com atau tirto.id. Media-media ini menghimpun banyak penulis bagus.
Kemungkinan kedua, media sosial mengambil peran lebih banyak. Sejak sepuluh tahun yang lalu hal ini sudah terlihat tanda-tanda pergeseran para pengguna platform blog beralih ke Facebook dan Twitter.
Semoga blog ini terus berkembang dan menghasilkan artikel-artikel sehat, bermanfaat, dan barokah. Aamiin.