Menu


Verspreid Geen Kletspraat of Geruchten
Film dokumenter zaman kolonial Belanda, pengumuman "Dilarang menyebarkan gosip atau rumor". Foto: Screenshot

Film dokumenter zaman kolonial Belanda, pengumuman “Dilarang menyebarkan gosip atau rumor”. Foto: Screenshot

Saya tertarik melihat film dokumenter zaman Belanda yang merupakan dokumenter langka rekaman dari Arsip Prelinger (www.prelinger.com). Setelah dilakukan restorasi dari hitam putih menjadi berwarna dan berkualitas baik, film menjadi tampak hidup dan terlihat nyata.

Menurut informasi tersebut, film yang disutradarai Deane Dickason ini terjadi pada masa Hindia Belanda dan Jakarta (kala itu disebut Batavia) pada akhir era kolonial Belanda tahun 1938-1939.

Salah satu bagian di film tanpa suara ini memperlihatkan suasana jalan dengan penunjuk arah kota Batavia, Serang, Tangerang, Cirebon, dan Bandung, kemudian diikuti oleh adegan dari sebuah jalan yang sibuk — meskipun sesungguhnya tidak ada suasana macet pada saat itu — dengan seorang petugas — penduduk asli — yang mengatur lalu lintas.

Ayam bergosip. Apa maksudnya? Foto: Screenshot

Ayam bergosip. Apa maksudnya? Foto: Screenshot

Memasuki menit ke 3:32, petugas yang di jalan tadi menunjukkan papan pengumuman tertulis “Laat Kakelen Aan Kippen Over“, kemungkinan artinya kurang lebih “Biarkan ayam-ayam bergosip”.

Kemudian di bagian tengah ada gambar ayam berkepala manusia seperti sedang ‘ngerumpi’. Salah satu ayam berkepala manusia itu mengenakan semacam blangkon, sedangkan ayam yang lain berambut merah dan berhidung mancung. Kemudian petugas yang menunjukkan tulisan di bawahnya yang tertulis “Verspreid Geen Kletspraat of Geruchten“, kurang lebih artinya “Jangan menyebarkan gosip atau rumor”.

Saya penasaran apa artinya dan apa maksudnya ya?

Baca juga:  Mengenal Distorsi Kognitif, Kesalahan Cara Berpikir dan Berpikir Negatif

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *