Pengisian KRS, Bimbingan Akademik, dan Kuliah Daring Semester Ganjil 2021/2022 | suburaID | Subur Anugerah's Weblog
Menu


Pengisian KRS, Bimbingan Akademik, dan Kuliah Daring Semester Ganjil 2021/2022
Daftar Mata Kuliah . Foto: Tangkapan layar https://baak.universitasmulia.ac.id

Daftar Mata Kuliah . Foto: Tangkapan layar https://baak.universitasmulia.ac.id

PENGUMUMAN – Menyambut datangnya Perkuliahan Semester Ganjil 2021/2022 pada Senin (20/9) mendatang, saya selaku dosen penasehat akademik dan dosen yang diberikan tugas untuk mengajar beberapa mata kuliah mengumumkan kepada seluruh mahasiswa mulai Semester 1 sampai dengan Semester Akhir agar memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

1.) Proses Pengisian KRS dan Bimbingan Akademik (Perwalian)

Pertama, KRS harus Sistem, tidak ada manual kertas.

Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) harus lewat Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM), https://sias.universitasmulia.ac.id

Kedua, Berlaku Paket Mata kuliah dan jumlah SKS yang ditentukan.

Seluruh Prodi di Fakultas Ilmu Komputer mengharuskan mahasiswa mengisi KRS dengan jumlah SKS dan daftar mata kuliah paket yang sudah ditentukan. Misal, jika di Prodi Informatika pada Semester 1 Daftar Mata Kuliah ada 23 SKS, maka Anda wajib mengisikan pada KRS Anda juga 23 SKS. Jangan kurang atau lebih dari 23 SKS.

Begitu pula dengan semester lainnya, di Semester 2 Anda wajib mengambil mata kuliah sesuai daftar yang sudah ditentukan dengan jumlah 24 SKS. Tidak boleh kurang atau lebih dari itu, meskipun IP/IPK sebelumnya 4 misalnya. Ingat ya, IP/IPK jelek atau bagus tetap sama sesuai paket.

Ketiga, bagaimana jika mengulang mata kuliah sebelumnya?

Silakan mengulang pada Semester Reguler selama jumlah SKS masih tersisa. Misal, Anda ingin mengulang mata kuliah Matematik 1 Semester 1 diulang di Semester 3. Sedangkan Paket mata kuliah pada Semester 3 kuotanya hanya 23 SKS saja. Jika ditambah Matematika 1 sebesar 2 SKS, maka total 25 SKS. Lebih dari 24 SKS jelas akan ditolak oleh sistem.

Ingat, maksimal paket mata kuliah setiap semester hanya 24 SKS saja, tidak boleh lebih karena melanggar ketentuan dan perundangan. Sistem akan mencegah Anda menambahkan lebih dari 24 SKS. Untuk itu, Anda harus mengorbankan salah satu mata kuliah yang memiliki bobot SKS sama dengan Matematika 1 sebesar 2 SKS.

Baca juga:  Sekilas Cerita Mengikuti Call for Paper dan Seminastika 2018

Untuk kali ini, Anda disarankan mengambil di Semester Antara (atau Semester Pendek) yang biasanya diselenggarakan antara Semester Genap dan Semester Ganjil. Berarti biasanya pada awal bulan Juli – Agustus setiap tahunnya. Kelebihan Semester Antara adalah waktunya yang cepat, hanya 1 bulan kuliah dengan mengulang materi kuliah yang sudah pernah dipelajari pada semester reguler.

Keempat, ikuti petunjuk yang diberikan BAAK atau Program Studi masing-masing.

Petunjuk resmi dari Kampus itu sangat penting agar Anda semua sukses menjalani kuliah. Petunjuk itu bisa Anda peroleh di website resmi seperti https://baak.universitasmulia.ac.id atau website resmi lainnya. Salah satu contoh petunjuk itu saya copy-kan di bawah ini.

Dear mahasiswa baru Universitas Mulia.
untuk kelancaran administrasi Anda saat ini harap memperhatikan hal hal sebagai berikut untuk pedoman proses administrasi akademik.

1. Lengkapi biodata ada sebelum melakukan pilih KRS.
2. Pilih waktu kuliah sesuai pendaftaran Anda.
3. Pilih jadwal sesuai pembagian kelas Anda sesuai pada laman berikut : https://baak.universitasmulia.ac.id/pembagian-kelas-mahasiswa-baru-2020-2021/
4. Ikuti langkah pengambilan KRS sesuai petunjuk pada link berikut : https://baak.universitasmulia.ac.id/panduan-krs/
5. Pilih matakuliah anda sesuai petunjuk kurikulum pada laman : https://baak.universitasmulia.ac.id/kurikulum/
6. Pastikan Anda memasang email mahasiswa di SmartPhone agar informasi akademik mudah diterima.

Demikian diinformasikan agar menjadi perhatian bagi mahasiswa baru. terima kasih

Adapun website saya ini hanya untuk melengkapi keterangan tambahan saja. Informasi yang ada pada website subura.id ini bukan informasi resmi.

Kelima, jangan terlambat daftar ulang dan mengisi KRS.

Hampir setiap awal semester saya selalu menjumpai mahasiswa yang terlambat mengisi KRS. Di Semester Antara belum lama ini, ada saja yang terlambat mengikuti perkuliahan gara-gara ya terlambat mendaftar. Biasanya, salah satu penyebab paling besar keterlambatan adalah soal biaya. “Belum ada biaya, Pak,” begitu kurang lebih alasannya.

Baca juga:  Sabar! Ojo Kesusu!

Duh, kenapa sih kok soal biaya jadi alasan, kan bisa dicicil? Kan bisa direncanakan jauh hari? Kan ini sudah murah sekali? Begitu kurang lebih komentar seseorang yang pernah saya dengar menanggapi alasan biaya tersebut.

Ok, saya paham. Apapun alasannya, sebaiknya jangan terlambat jika tidak ingin menerima risikonya, misalnya, di-non-aktifkan oleh bagian administrasi atau presensi kuliah menjadi berkurang. Saya sendiri pernah terlambat mengirimkan proposal penelitian. Akibatnya, gagal menerima pendanaan. Bahkan, terlambat masuk kerja setiap hari berisiko akan dipotong gaji setiap bulannya.

Oleh karena itu, disinilah pentingnya kuliah itu untuk belajar mengelola semuanya. Apabila kita terlatih mengelola diri, maka itu baik untuk masa depan Anda. So, keterlambatan administrasi akan berakibat pada kelancaran studi Anda. Saya berharap Anda semua baik-baik saja.

2.) Proses Perkuliahan Semester Ganjil 2021/2022

… tunggu, akan di-update segera. Thanks!

 

 


Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *