Jadwal Kuliah Semester Ganjil 2021/2022 dan Kode Google Classroom | suburaID | Subur Anugerah's Weblog
Menu


Jadwal Kuliah Semester Ganjil 2021/2022 dan Kode Google Classroom
Jadwal Kuliah Semester Ganjil 2021/2022 dan Google Classroom.

Jadwal Kuliah Semester Ganjil 2021/2022 dan Google Classroom.

SEMESTER Ganjil 2021/2022 ini saya mengampu 4 (empat) mata kuliah: Pemrograman Web untuk Prodi Sistem Informasi (D3) dan Pemrograman Web, Aplikasi Sosial Media, dan Analisis Desain Berorientasi Objek untuk Prodi Informatika Fakultas Ilmu Komputer. Satu lagi Sistem Informasi Manajemen PAUD Prodi PG Anak Usia Dini Fakultas Humaniora dan Kesehatan Universitas Mulia.

Bagi Anda mahasiswa ketiga prodi tersebut agar memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

1) Sistem Perkuliahan

Mengacu surat Rektor terkait Sistem Perkuliahan yang saya terima, perkuliahan dilaksanakan 16 kali pertemuan dengan komposisi sebagai berikut.

  1. Blended Learning : 10x (tatap muka terbatas maksimal 10 orang di kelas/praktikum lab harus dengan protokol kesehatan 5M. Sisa mahasiswa yang tidak mengikuti tatap muka agar mengikuti daring Google Meet)
  2. Video Pembelajaran : 4x (tutorial di YouTube)
  3. Ujian : 2x (yang dimaksud Ujian adalah UTS dan UAS saja yang dilaksanakan sesuai jadwal, sedangkan Kuis dan Tugas dilaksanakan pada saat jam belajar/kuliah)

Mengingat kondisi kurang memungkinkan, khusus kelas malam Blended Learning diganti Online.

Kalender Akademik Semester Ganjil 2021/2022

Kalender Akademik Semester Ganjil 2021/2022

2) Aturan Perkuliahan

    1. Presensi kehadiran hanya dilakukan pada sistem https://sias.universitasmulia.ac.id dan tidak menggunakan presensi pada secarik kertas, pesan WhatsApp, atau alat apapun lainnya.
    2. Presensi hanya dibuka pada waktu kuliah saja dan/atau waktu kuliah tambahan sesuai dengan kesepakatan, misalnya, mengganti kuliah yang tertunda.
    3. Presensi kehadiran dilakukan oleh mahasiswa sendiri. Mahasiswa bertanggung jawab penuh terhadap presensi dirinya sendiri. Dosen tidak mengisikan kehadiran mahasiswa dengan alasan apapun, misalnya, karena terlambat masuk atau lupa presensi.
    4. Presensi hanya terbuka selama 1 jam, terhitung mulai waktu dibuka. Waktu 1 jam terbuka default oleh sistem, bukan oleh dosen.
    5. Saat Kuliah Daring berlangsung, mahasiswa harus mematikan microphone (mode: mute) dan tidak membuat gaduh yang dapat mengganggu jalannya kuliah daring.
    6. Dosen akan mengeluarkan mahasiswa yang mengganggu jalannya perkuliahan daring di kelas.
    7. Saat Kuliah Daring, meski di rumah dan di kamar sendiri, usahakan mengenakan pakaian yang rapi, sopan, dan tidak sedang melakukan aktivitas lain seperti sedang berkendara, sedang makan, mandi, dan aktivitas lainnya. Ikutilah Standar Etika mengikuti pertemuan daring resmi.
    8. Izin Ketidakhadiran hanya diperlukan saat Ujian (UTS dan UAS) saja agar dapat mengikuti Ujian Susulan dengan menyerahkan Surat Keterangan Sakit dari dokter, atau jika Sedang Tugas Dinas/Bekerja, maka menyerahkan Surat Sedang Dinas/Sedang Bertugas.
    9. Informasi dan Kegiatan kuliah disampaikan hanya di Google Classroom. Silakan dicek kode kelas masing-masing. Jangan salah masuk kelas.
Baca juga:  Selimut Debu

3) Aturan Ujian

  1. Ujian ada tiga macam: UTS, UAS, dan Kuis. UTS dan UAS dilaksanakan sesuai jadwal yang ada pada Kalender Akademik, sedangkan Kuis dilaksanakan dalam kelas perkuliahan, bisa di awal masuk kelas atau menjelang kelas selesai. Tidak di luar kelas perkuliahan, kecuali sebagai TUGAS.
  2. UTS dan UAS dilaksanakan pada waktu terbatas sesuai jadwal. Tidak ada UTS dan UAS Susulan, kecuali dengan alasan Sakit atau sedang Tugas Bekerja/Dinas Kerja. Mahasiswa yang mengajukan UTS/UAS Susulan menyerahkan bukti berupa Surat Keterangan Sakit dari dokter, atau jika Sedang Tugas Dinas/Bekerja, maka menyerahkan Surat Sedang Dinas/Sedang Bertugas.
  3. Setiap kali Ujian akan menggunakan sistem di luar Google Classroom dan/atau menyesuaikan kebutuhan.
  4. Khusus UAS hanya dapat diikuti mahasiswa dengan status ‘UAS Aktif‘ pada Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM) SIAS. Status UAS Aktif menunjukkan Anda telah beres Administrasi Akademik. Silakan rencanakan jauh hari agar urusan Administrasi Anda tidak menghambat atau mengganggu proses Akademik.

4) Aturan Penilaian

  1. Standar Penilaian akan mengacu pada Peraturan Rektor Universitas Mulia No. 001/PER/Rektor/UM/I/2020 tentang Tata Aturan Penilaian Pembelajaran di Lingkungan Universitas Mulia.
  2. Ringkasnya, Penilaian berdasarkan komponen Sikap dan Pengetahuan dengan porsi 25% Sikap dan 75% Pengetahuan. Detailnya sebagai berikut.
    1. Sikap
      1. Kehadiran : 10%
      2. Etika : 15%
    2. Pengetahuan
      1. Tugas : 15%
      2. Kuis : 15%
      3. UTS : 20%
      4. UAS : 25%
  3. Perhatian: Meskipun bobot nilai Etika hanya 15%, tapi dapat mempengaruhi bobot nilai keseluruhan. Misal, dalam Ujian yang bersifat Tertutup, Anda tidak diperkenankan saling mencontek atau kerjasama dengan teman, atau copy-paste dari sumber lain melakukan plagiasi. Jika Anda plagiasi, maka secara Etika Akademik Anda telah melakukan kesalahan besar. Nilai Ujian Anda akan kurang atau bahkan 0 (Nol). Nilai Ujian 0 (Nol) akan mempengaruhi nilai-nilai lainnya secara keseluruhan.
Baca juga:  Kunci Jawaban Soal Analisis Desain Berorientasi Obyek

Seluruh Aturan ini menjadi standar yang digunakan dalam perkuliahan selama satu semester ini. Seluruh mahasiswa harus sepakat menerima. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar dengan memenuhi kaidah dan etika komunitas Internet. Pertanyaan dan balasan akan dibaca dan mudah dimengerti oleh mahasiswa lainnya.

Terima kasih. Semoga sukses!


Baca juga:

Senin, 12 November 2018 : 09:49 Wita
Tsundoku: Membiarkan Bahan Bacaan Menumpuk
Tsundoku: Membiarkan Bahan Bacaan Menumpuk
Jumat, 2 November 2018 : 14:23 Wita
Verspreid Geen Kletspraat of Geruchten
Verspreid Geen Kletspraat of Geruchten
Jumat, 13 Oktober 2017 : 14:42 Wita
Berikan Kasih Sayang, Jangan Kau Eksploitasi
Berikan Kasih Sayang, Jangan Kau Eksploitasi
Kamis, 24 Januari 2019 : 08:54 Wita
Katanya, Hijrah itu Tenang
Katanya, Hijrah itu Tenang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *