Menu


Meningkatkan Trafik Youtube dari Penelusuran Google

Salah satu video Backpacker ke Bali. Foto: Screenshot

Salah satu video Backpacker ke Bali. Foto: Screenshot


Rasanya, sudah cukup lama membuat Channel Youtube. Bergabung sejak 19 Oktober 2007. Tapi baru sekarang tercatat 203.651 kali penayangan dan 142 subscribers.

Posting video pertama tahun 2009 tentang tutorial Linux. Kemudian posting lagi 5 tahun berikutnya. Itupun juga tutorial yang hanya untuk catatan saya saja. Tidak dibagi publik.

Dua tahun berikutnya posting lagi. Dan dalam tahun 2018 kemarin sedikit demi sedikit mulai mengunggah kembali beberapa video. Meski ada video yang diambil dari potongan video orang lain, tapi ada anak saya disana. Ini untuk dokumentasi saja. Kelak, suatu saat si anak akan melihatnya dengan harapan dapat mengambil pelajaran.

Sejak Juni 2018 mulai rutin meng-upload video mudik backpacker. Kisah perjalanan panjang keliling Jawa, Bali, Sulawesi, lalu kembali ke Kalimantan. Meski tidak semua tempat. Namun, ketika menyebut nama 4 pulau itu terasa sangat luas dan besar kisahnya untuk dilewati dalam perjalanan.

Sedikit demi sedikit viewers mulai terlihat. Lantaran sangat lambat pertumbuhannya, saya tidak terlalu memonitor sampai mendetil melalui Youtube Analytics.

Hari ini, saya melihat salah satu video trip saya ke Bali yang terlihat ada kenaikan setiap harinya. Meski tidak signifcant, tapi pertambahan secara incremental ini membuat saya penasaran mengapa ada kenaikan.

Trafik Youtube Analytics video Backpacker ke Bali. Foto: Screenshot

Trafik Youtube Analytics video Backpacker ke Bali. Foto: Screenshot

Dari Analytics terlihat, ternyata trafik tertinggi dari penelusuran Google. Kata kunci yang banyak adalah “backpacker ke bali“, “backpacker bali“, “ke bali naik kereta“, dan “bali backpacker“.

Dari statistik dapat dibaca bahwa trafik ini muncul menjelang libur akhir tahun 2018 dan awal tahun 2019. Sedangkan di awal orang sekolah, yakni akhir Agustus sampai masuk awal Oktober 2018 trafik kosong alias sepi.

Baca juga:  Khurafat, Jarh wa Ta’dil, dan Era Informasi Saat ini

Dari mempelajari Youtube Analytics, kita bisa memperoleh informasi yang bisa dipelajari bagaimana para Youtubers meningkatkan trafik penanyangan. Memang agak sulit ya, tapi lumayan lah. Cara cepat mungkin dipromosikan oleh Youtuber yang sudah menjadi terkenal dan influencers yang sudah tinggi.

Lalu, bagaimana cara-cara lain untuk meningkatkan trafik dan subscribers selain dari konten yang bagus dan banyak dicari orang?

Hmm… ayo kita cari sama-sama caranya… hehe… 😀


Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *