Suatu malam ini saya tertawa ngakak sendirian setelah menonton iklan salah satu bank terkenal ini di time line Facebook. Bukannya apa, ada Mandra dan Atun yang sampai sekarang masih jenaka.
Meski saat ini tampak lebih tua, rambut memutih dan wajah sedikit keriput, tapi suara keduanya masih tidak asing terdengar di telinga.
Yup, bagi generasi saya, sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu sangat membekas di ingatan. Ketika itu, sinetron dengan latar oplet butut itu sangat populer di masanya.
Sekarang, Mandra dan Atun tampaknya kembali meraih hati pemirsa. Saya tidak tahu apa strategi marketing yang sedang diterapkan. Tim media sepertinya berhasil mengambil momen untuk meraih perhatian khalayak.
Apalagi isi materi iklan sangat dibutuhkan masyarakat. Berbagai macam kasus terkait keamanan dan pengamanan perbankan maupun penggunaan media sosial diangkat sebagai unsur Educating, Empowerment dan Enlightenment.
Menurut saya, inilah momen yang pas untuk mensosialisasikan kembali hal-hal yang dibutuhkan masyarakat. Termasuk, saat ini masyarakat kembali dihadapkan pada mulai maraknya hoaks, ujaran kebencian, dan penyalahgunaan sosial media lainnya.
Nah, sekarang tinggal bagaimana para pemangku kepentingan maupun masyarakat membuat iklan-iklan yang jenaka, lucu, dan kreatif untuk membantu membuat masyarakat tercerahkan lewat iklan-iklan yang memuat unsur 3E tadi.
Welcome back Bang Mandra!