Menu


Ini Keterampilan Pekerjaan yang Diramalkan Dibutuhkan di Masa Depan
Change in demand for core work-related skills, 2015-2020, all industries. Source: Future of Jobs Survey, World Economic Forum.

Change in demand for core work-related skills, 2015-2020, all industries. Source: Future of Jobs Survey, World Economic Forum.

Hari ini di Kampus STMIK Balikpapan sedang berlangsung ujian tulis Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai 10-13 November 2018. Tercatat 3.108 peserta yang telah lolos seleksi administrasi dari 4.595 orang pelamar lewat situs sscn.bkn.go.id.

Ada 189 posisi lowongan CPNS untuk penerimaan di Balikpapan. Dengan rincian, untuk kategori K2 ada 4 posisi khusus guru honorer, tenaga kesehatan 28 orang, tenaga teknis 28 orang, dan guru 129 orang. Menariknya, ujian ini online berbasis teknologi informasi (IT). Berbeda pada 2014 yang menggunakan ujian manual.

Sementara itu, beberapa waktu terakhir Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan atau the Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) memberikan informasi tentang pekerjaan di masa depan yang diramalkan akan diambil alih oleh Artificial Intelligence/AI dan robot.

Laporan itu menyebutkan 14% dari pekerjaan di 32 negara — yang tergabung dalam OECD — sangat rentan untuk di-otomatisasi. Laporan World Economic Forum memprediksi pada era Revolusi Industri 4.0 pasar tenaga kerja akan berubah.

Kepala Ekonomi Bank Inggris, Andy Haldane, memberi peringatan sebagian besar orang bisa saja menjadi pengangguran secara teknologi di masa yang akan datang.

Ia menyarankan agar lebih fokus pada pekerjaan yang mengasah keterampilan interaksi manusia, yakni percakapan dengan tatap muka dan negosiasi akan cenderung berkembang. Sedangkan pekerjaan manual lebih berisiko untuk digantikan otomatisasi oleh AI dan robot.

Diramalkan, revolusi industri 4.0 akan menguntungkan mereka yang memiliki kemampuan digital yang kuat, serta kemampuan seperti kreativitas dan kerja sama yang oleh mesin lebih sulit ditiru.

Baca juga:  Verspreid Geen Kletspraat of Geruchten

Perubahan keterampilan pekerjaan mendatang yang diramalkan terus tumbuh di semua industri seperti grafik Figure 10 di atas, antara lain.

  1. Kemampuan kognitif (Cognitive Abilities) seperti kemampuan kognitif secara fleksibel, kreatif, dan memiliki penalaran matematis dan logika yang baik, mampu menggambarkan atau melakukan visualisasi dengan baik, peka terhadap masalah yang timbul untuk diselesaikan dengan baik, dll.
  2. Keterampilan Sistem, seperti menentukan landasan hukum dan mengambil keputusan, terampil melakukan analisis sistem, dll.
  3. Keterampilan Menyelesaikan Masalah Kompleks, seperti terampil menyelesaikan masalah yang cukup kompleks.
  4. Keterampilan Konten seperti active learning, literasi digital, membaca secara komprehensif, menulis, dll.
  5. Keterampilan Proses, seperti keterampilan aktif mendengarkan dan berpikir kritis, terampil memperhatikan atau awas baik pada diri sendiri maupun pada orang lain.
  6. Keterampilan Sosial, seperti melakukan koordinasi, kecerdasan emosi, negosiasi, terampil menjelaskan dengan persuasif, berorientasi pada pelayanan, memberikan pelatihan dan mengajarkan, dll.
  7. Keterampilan Mengelola Sumber Daya, seperti mengelola sumber daya keuangan, mengelola material, mengelola orang, dan mengelola waktu untuk menyelesaikan pekerjaan
  8. Keterampilan Teknikal, seperti memelihara, merawat, dan memperbaiki peralatan, mengoperasikan  dan mengontrol peralatan, programming, dll.
  9. Kemampuan Fisik, seperti memiliki kemampuan fisik yang baik, tangkas dan cekatan, cepat dan tepat, tanggap, dll.
Core work-related skills. Source: World Economic Forum, based on O*NET Content Model.

Core work-related skills. Source: World Economic Forum, based on O*NET Content Model.

Keterangan penjelasan tabel di atas dijelaskan dalam gambar ini.

Menghadapi penggunaan komputasi yang meningkat pesat, kemampuan untuk bekerja dengan data dan membuat keputusan berbasis data akan menjadi keterampilan yang semakin penting. Pengusaha berebut untuk membutuhkan tenaga kerja dengan keterampilan yang solid dalam keterampilan analisis data dan presentasi, misal melalui visualisasi.

Sejumlah informasi digital yang memiliki potensi untuk disimpan dan dimanfaatkan terus meningkat secara eksponensial. Untuk melayani konsumen, misalnya, perusahaan akan menggunakan sejumlah besar data untuk peningkatan manajemen persediaan, segmentasi pelanggan, dan personalisasi produk.

Baca juga:  Youtube, Mengejar 4.000 Jam Tayang dan 1.000 Subscribers

Laporan World Economic Forum mengidentifikasi keterampilan yang dibutuhkan berkembang masa yang akan datang. Lihat infografik di bawah ini.

Referensi:
[1] The Future of Jobs Employment, Skills and Workforce Strategy for the Fourth Industrial Revolution
[2] Nedelkoska, L. and G. Quintini (2018), “Automation, skills use and training”, OECD Social, Employment and Migration
Working Papers, No. 202, OECD Publishing, Paris. http://dx.doi.org/10.1787/2e2f4eea-en
[3] 5 things to know about the future of jobs


Baca juga:

Satu tanggapan untuk “Ini Keterampilan Pekerjaan yang Diramalkan Dibutuhkan di Masa Depan”

  1. […] Era Industri 4.0 disebut lebih banyak membutuhkan pekerjaan-pekerjaan otomatis dan serba robot. Di era tersebut, diprediksi pakar dan ahli, lebih banyak menyerap pekerja yang mengutamakan memiliki karakter yang tidak dapat ditiru kecerdasan buatan dan robotika. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *