Menu


Awal Semester, Persiapan Bimbingan Studi dan Mempelajari Kurikulum Informatika
Saya dan Universitas Mulia. Foto: dok. pribadi

Saya dan Universitas Mulia. Foto: dok. pribadi

SEMESTER genap ini saya sudah mendapatkan jadwal mengajar dan matakuliah. Ada dua matakuliah yang saya asuh, yaitu Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) dan Komputasi Awan (Cloud Computing). Keduanya memiliki beban masing-masing 3 SKS dan berada pada Program Studi Informatika-S1, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mulia Balikpapan.

Menurut kalender akademik, Senin (2/3) pekan depan sudah masuk kuliah perdana. Pas dengan jadwal mengajar jam pertama, pagi. Alhamdulillah, semester ini banyak dijadwalkan kelas Pagi. Hanya satu kelas Malam. Terus terang saya lebih suka diberi jam mengajar pagi sampai sore karena mengatur ritme tubuh dan psikologi 8-8-8. Eh… 😀

Untuk persiapan bimbingan studi atau perwalian, saya mengikuti alur proses akademik dan penyesuaian sistem yang sedang dipersiapkan. Kali ini sistem betul-betul baru digunakan oleh banyak kelompok pengguna dan memiliki privilege masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan. Sedangkan sistem yang lama, siamon.id, tidak lagi digunakan mengingat beberapa keterbatasan fungsi yang belum banyak tersedia.

Terkait Kurikulum Program Studi Informatika ini, saya simpan disini dulu untuk digunakan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan beberapa langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan pembelajaran dalam satu semester ke depan. Dalam kesempatan ini, seperti semester ganjil kemarin, insyaallah akan saya gunakan lagi Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas, sambil menyelesaikan jurnal terkait dan sedang disusun tambal sulam.

Software Engineering disini dipelajari di Semester 4, dengan matakuliah syarat Sistem Basis Data. Artinya, mahasiswa sudah harus menempuh Sistem Basis Data lebih dulu. Jika tidak memenuhi syarat, maka yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti Software Engineering. Tentu saja kurikulum ini hanya berlaku di Universitas Mulia tempat saya mengajar saja. Sedangkan di perguruan tinggi lain menyesuaikan rancangan perguruan tersebut dan atau berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Adapun materi pembelajaran mengikuti Standar Kompetensi SKKNI 2017-044 – Software Development Sub Bidang Software Requirements Analysis and Design.

Baca juga:  Pengalaman Membeli Kalkulator Tiruan Casio fx-3600pv, Ini Alternatifnya!

Sedangkan matakuliah Cloud Computing diajarkan untuk Semester 6 dan menjadi Matakuliah Wajib Konsentrasi Mobile Application Development. Artinya, Cloud Computing ini diharapkan menjadi landasan (platform) pengembangan aplikasi Mobile, baik nantinya digunakan untuk mendukung IaaS, PaaS, atau SaaS. Adapun syarat untuk mengikuti matakuliah ini sebenarnya sesuai kurikulum sebelumnya, yaitu Sistem Operasi dan Jaringan Komputer. Adapun materi pembelajaran mengikuti Standar Kompetensi SKKNI 2015-456 – Cloud Computing

Untuk detil RPP kedua matakuliah tersebut akan dibahas pada pos sendiri.

Semoga lancar sukses dan barokah. Aamiin.


Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *