Darurat Covid-19, Ayo Bangun Private Cloud Rumahan | suburaID
Menu


Darurat Covid-19, Ayo Bangun Private Cloud Rumahan
Ada wabah Covid-19, Yok Bikin Private Cloud Rumahan. Ilustrasi

Ada wabah Covid-19, Yok Bikin Private Cloud Rumahan. Ilustrasi

Masa tanggap darurat wabah virus korona atau Covid-19 saat ini mendorong munculnya banyak ide maupun gagasan. Baik digunakan untuk bertahan di tengah ketidakpastian situasi dan kondisi, maupun untuk memecahkan masalah dan mencapai beberapa tujuan penting lainnya.

Salah satau yang saat ini sedang populer adalah pemanfaatan teknologi informasi untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ), baik secara langsung dua arah atau singkron (Synchronous) maupun asingkron (Asynchronous) atau tidak langsung. Maklum, seluruh komunikasi kini harus berjarak, Physical Distancing, untuk memutus persebaran virus antar manusia lewat droplet, abab dan wahing-wahing.

Bentuk PJJ ini bisa berupa suara, gambar, teks, maupun video multimedia. Terus terang intensitas interaksi PJJ melalui Internet ini sangat tinggi. Saking tingginya, alat yang digunakan untuk kegiatan PJJ ini, seperti smartphone, komputer, jaringan, dan pendukung lainnya — yang kita sebut IoT atau Internet of Things — sampai tertinggal tidak diperhatikan. Ketahuilah, alat-alat IoT yang ada ini punya kapasitas dan kemampuan yang terbatas.

Ada Smartphone yang hanya mampu memasang aplikasi saja tanpa mampu menjalankan materi atau konten dan menyimpannya. Ada yang hanya mampu menyimpan data dalam jumlah tertentu dan harus dipindahkan secara manual ke dalam hardisk. Ada yang hanya bengong berdiam diri tak mampu bertindak apapun. Itu ibu-ibu rumah tangga yang menggunakannya.

Bukan itu sekadar menggunakan saja, kini ibu-ibu rumah tangga juga butuh menghasilkan produk multimedia. Mereka bahkan ingin membuat tutorial konten pembelajaran terkait pekerjaannya, entah untuk laporan kepada pimpinannya sebagai bentuk laporan kegiatan, atau untuk mendukung pekerjaan sebagai guru untuk siswa-siswanya. Wah, cukup pelik.

Saya kemudian berpikir bagaimana agar perangkat IoT yang ada di masyarakat itu, khususnya di lingkungan tempat tinggal, dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah di atas? Yup, that’s right! Cloud Computing rumahan!

Baca juga:  Cloud Computing, Belajar Memasang OwnCloud, NextCloud, dan OpenStack

Bagaimana bisa?

[Update: 27/5/2020]

Ternyata bisa dan lebih mudah menggunakan versi terbaru Ubuntu 20.04 jika dibanding dengan referensi versi sebelumnya. Ini dia tutorialnya.

Beberapa referensi untuk versi lawas antara lain sebagai berikut.

[1] Nextcloud 12 Server Administration Manual. Docs Nextcloud.
[2] NextCloud: Cara Membuat Private Cloud Storage. Dewaweb.com
[3] Ubuntu Server Guide


Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *