Baru Terima Subsidi 50GB Kemendikbud, Langsung Digunakan Kelas Daring | suburaID
Menu


Baru Terima Subsidi 50GB Kemendikbud, Langsung Digunakan Kelas Daring
Kelas daring pertama yang menggunakan Subsidi Kuota 50GB Kemendikbud untuk dosen. Foto: dok. pribadi

Kelas daring pertama yang menggunakan Subsidi Kuota 50GB Kemendikbud untuk dosen. Foto: dok. pribadi

ALHAMDULILLAH. Selasa (22/9) pukul 16.45 Wita subsidi 50GB dari Kemendikbud untuk dosen telah saya terima lewat nomor Tri saya. Saya ucapkan terima kasih kepada Mendikbud, terutama kepada Presiden yang telah membuat kebijakan subsidi kuota ini sampai langsung pada penerima yang berhak.

Tentu saja terima kasih juga kepada Tri selaku provider yang ikut menambah subsidi menjadi lebih banyak kuota. Juga terima kasih kepada tim PDPT di kampus, Mas Yeyen dan Mas Pramudya yang mengelola dan mengingatkan agar segera Update data di SISTER Kampus beberapa hari yang lalu.

Terus terang. Saya baru merasakan manfaat subsidi kuota Internet ini setelah mengetahui kemampuan paket Indihome semakin melambat. Yah… memang ada limit sesuai program Learning from Home untuk pelajar. Saya rasa kuota tersebut sudah cukup untuk belajar.

Informasi di akun Indihome menyebutkan bahwa lewat 200GB, kecepatan akan melambat. Padahal, penggunaan sudah lebih dari 250GB. Untuk apa saja sih anak-anak ini memakai Internet? Ternyata memang untuk sekolah daring, bimbingan belajar daring, dan tugas-tugas yang memang banyak menggunakan video. Satu lagi, mereka suka main game online dan YouTube.

Pantas saja, sempat waktu itu si sulung yang SMA dan si bungsu yang SMP, berebut bandwidth. Yang SMA sedang serius mengerjakan tugas, eh yang SMP buka YouTube dan main gim. Terjadilah perselisihan hebat. Ibunya sampai turun tangan melerai hehe…

Oleh karena itu, saya yang juga menggunakan Indihome pada jam-jam tertentu itu harus mengalah. Malam hari di kala mereka istirahat adalah waktu yang pas menggunakan Internet. Tapi tentu saja tidak mungkin saya membuka kelas daring tengah malam ya kan. Kuliah daring ada waktunya sendiri, ya masuk jam kuliah seperti biasa.

Baca juga:  Gadget, Peluang dan Tantangan Generasi Milenial

Nah, di sini lah manfaat subsidi kuota 50GB dari Kemendikbud ini. Baru saja saya langsung manfaatkan untuk kuliah daring. Dari 45GB yang ada, setelah digunakan mengajar daring dengan Google Meet selama kurang lebih 1 jam, tinggal 44.69GB. Artinya, kebutuhan kuota untuk kuliah daring selama 1 jam membutuhkan kuota kurang lebih 500MB. Dengan demikian, 50GB setara 100x kuliah daring masing-masing dengan durasi 1 jam.

Dalam satu pekan ini saya ada 12 kelas daring. Dalam sebulan berarti ada 48x kelas daring. Kuota lebih dari cukup. Tambah syukur lagi ada tambahan dari provider Tri 1GB sehari selama 1 bulan. Wes… Keren banget ya kan… Mau buat apa coba…

Untuk itu, terima kasih semuanya kepada pihak-pihak yang telah menyediakan fasilitas ini semua.

Semoga manfaat dan barokah. Aamiin.


Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *