SETIAP hari Minggu atau kadang berlanjut Senin website ini SENGAJA dinonaktifkan oleh provider selama 5 jam lebih. Ini lantaran, informasi yang saya dapat dari provider melalui laporan Ticket, ada hit yang sangat tinggi. Gangguan ini terjadi sudah lebih dari satu bulan terakhir.
Website ini hosting di salah satu provider yang sekarang sudah tidak eksis dengan fasilitas shared hosting. Dengan alasan shared hosting itulah, apabila terjadi hit yang tinggi, maka dikhawatirkan mengganggu website yang lain yang hosting sama-sama di satu server.
Saya tidak tahu apa masalahnya. Saya juga tidak macam-macam melakukan modifikasi pada sistem dan aplikasi. Saya tidak melakukan instalasi plugin apa pun selain yang sudah ada sebelumnya dan tidak ada masalah selama ini.
Sebelumnya, gangguan ini juga terjadi pada website saya yang lain, subura.my.id. Website ini saya pasangi aplikasi ujian mahasiswa. Sebelumnya sangat membantu saya untuk penggunaan ujian online, baik Ujian Tengah Semester (UTS) maupun akhir semester (UAS).
Menjelang UTS pada hari Senin, ada gangguan yang terdeteksi. Hit tiba-tiba meninggi pada hari Minggu, pukul 2.00 dini hari. Gangguan ini terus terjadi pada hari-hari berikutnya dan jam-jam tertentu.
Akibatnya, website lumpuh pada hari Kamis malam ketika pas pelaksanaan UTS, tapi bisa kembali digunakan sampai UTS selesai. File temporary penuh. Kuota jadi cepat penuh. Saya jadi curiga ada udang dibalik bakwan. Siapa dia? Ayo mengakulah… 😀
Apa tidak pindah provider saja?
Ya, ada keinginan untuk pindah, tapi nanti saja dulu menunggu sampai habis masa sewanya, atau mungkin akhir tahun saja, atau bisa jadi lebih cepat.
Kebetulan website ini tidak begitu urgent, meski kalau ada gangguan ya tentu saja sangat mengganggu aktivitas. Tidak bisa reply juga, SMTP tak bisa mengirimkan pesan sehingga tidak memberikan notifikasi. Provider melarang karena dikhawatirkan menjadi server spam.
Saya bertahan karena harganya sangat murah dan terjangkau saja. Pelan-pelan saja Insyaallah pindah.
Terima kasih.