KETIKA akan mengikuti ujian atau seleksi atau sertifikasi, orang akan selalu bertanya apa materinya? Bahannya apa saja? Apa saja yang dipelajari? Ini tentu wajar dan menjadi penting untuk dipahami sebelum mengikuti ujian, seleksi atau sertifikasi.
Sama saja ketika seseorang akan berangkat jauh ke suatu tempat tujuan, misalnya, pergi menunaikan ibadah haji. maka orang akan belajar dulu apa saja materi yang harus dipersiapkan agar ibadah haji sesuai dengan tuntunan Rasul. Ehem… momennya lagi pas sebentar lagi Hari Raya Haji.
Nah, salah satu materi yang dipelajari dalam Sertifikasi Digital Marketing adalah memahami bagaimana mendatangkan trafik dengan kata kunci. Bagaimana trend kata kunci, atau bagaimana mempelajari engagement dan meningkatkan trafik, atau bagaimana menganalisis data berdasarkan tools yang digunakan.
Keahlian analisis, critical thinking, kreatif, dan kemampuan hard skill sangat diperlukan, misalnya, kemampuan menghitung atau matematika dan statistika untuk membaca grafik. Ini juga penting banget.
Tentu saja ada banyak hal yang dibahas dan perlu dipelajari apabila ingin sukses lulus ujian atau seleksi dengan nilai yang sangat memuaskan.
Nah, salah satu tools yang saya rasakan sangat membantu kita sebagai pengelola Marketing perusahaan adalah tools Sprout Social. Ini aplikasi keren banget yang mempermudah kita apabila memiliki banyak akun bisnis media sosial. Saya sendiri ternyata memiliki lima atau lebih akun bisnis.
Bisnis yang saya jalankan bukan penjualan suatu produk, tapi lebih kepada Branding. Ada beberapa tujuan Marketing, salah satunya adalah Branding.