Menu


Rp 50 Ribu Dapat Apa? Di Balikpapan Bisa 3x Makan Enak Deh
Paket nasi ayam dan tambahan Burger di Gerai Mc Donalds Jalan MT Haryono Balikpapan. Foto: dok. pribadi

Paket nasi ayam dan tambahan Burger di Gerai Mc Donalds Jalan MT Haryono Balikpapan. Foto: dok. pribadi

Pekan lalu ramai pemberitaan soal Bu Titiek Soeharto yang menyebut, jika sekarang uang Rp 50 ribu, bisa dapat apa di Pasar. “Kesenjangan antara si kaya dan si miskin makin lebar. Ibu-ibu punya uang sekarang Rp 50 ribu, Ibu-ibu bisa beli apa kalau ke pasar? Sementara yang kaya tambah kaya, yang miskin tambah miskin,” kata Bu Titiek di Cilegon, Rabu (14/11/2018), seperti dikutip dari detik.com.

Iseng-iseng, kebetulan akhir pekan kemarin saya mengajak makan malam anak istri ke gerai Mc Donalds, yang baru dibuka di Jalan MT Haryono Balikpapan.

Terus terang, saya baru pertama kali ini makan di Mc Donalds. Bener. Saya mah begitu, cieee…, bukan orang yang biasa membeli makanan di tempat-tempat seperti ini, cuman kadang-kadang, sesekali pernah membeli untuk anak-anak. Bisa dikatakan setahun mungkin hanya sekali dua kali saja atau dalam hitungan jari.

Nah, kemarin waktu membeli itu memang lagi ingin saja merasakan Burger. Saya pesan istri untuk dibelikan Burger Ayam dan Chicken Snack Wrap yang harganya disebutkan paket hemat 15 ribuan.

Setelah duduk di meja, ternyata istri membeli paket makanan berat, nasi dan ayam, lengkap dengan minumnya Fruitea gelas besar. Semuanya 4 paket. Ternyata, Burger Ayam sudah berubah diganti menjadi Beef Burger yang dipesan anak saya. Ok, tidak masalah.

Total harganya 175 ribu. Belum termasuk air mineral botol setengah liter seharga 9 ribu. Padahal, air mineral ini jika dibeli di toko kecil atau Indomaret, harganya sekira 2-3 ribuan saja.

Berarti, untuk makan di tempat besar seperti itu modalnya cukup Rp 50 ribu per orang. Dapat nasi dan ayam goreng tepung plus minumnya. Syukur bisa nambah Chicken Snack Wrap atau Beef Burger satu buah.

Nasi campur lengkap es teh tawar Rp 15 ribu saja, di sebuah warung di Agung Tunggal, Jalan MT Haryono Ring Road Balikpapan,. Foto: dok. pribadi

Nasi campur lengkap es teh tawar Rp 15 ribu saja, di sebuah warung di Agung Tunggal, Jalan MT Haryono Ring Road Balikpapan,. Foto: dok. pribadi

Hari ini, saya makan siang ke warung langganan. Lokasinya masih berada area yang sama dengan gerai Mc Donalds, tidak jauh sih, kurang lebih 500 meter.

Baca juga:  Melariskan Usaha Sesama Anak Bangsa

Sepiring nasi campur, lauk telor Bali atau ayam Bali, ada sayur lodeh, kering tempe, sayur pare, mie goreng, sayur kecambah tahu, plus segelas es teh tawar dihargai hanya Rp 15 ribu saja.

Warung ini buka dari siang sekira jam 10, kemudian sore sebelum asar atau setelahnya tutup karena kemungkinan sudah habis. Pembelinya kebanyakan orang-orang pekerja yang ada di sekitar Jalan MT Haryono.

Berarti, uang Rp 50 ribu masih bisa buat makan 3x sehari di Balikpapan. Bisa diatur menunya bergantian atau ganti warung agar tidak bosan. Memang tergantung warungnya. Ada yang mahal. Ada yang murah. Tapi belum tentu ada harga ada rupa.

Tapi omong-omong, menurut data yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS), bulan Oktober ini Balikpapan mengalami deflasi atau harga-harga secara umum mengalami penurunan dan nilai uang bertambah. Meski demikian, makanan jadi dan minuman disebut mengalami kenaikan.

Sementara itu, Inflasi Tahun Kalender atau Year-to-Date pada bulan Oktober 2018 sebesar 2,24 persen dan inflasi Year-on-Year sebesar 3,47 persen. Artinya, memang biaya hidup di Balikpapan cukup tinggi dibanding kota-kota lain di Indonesia.

So, pinter-pinternya saja mengatur keuangan dan gaya hidup. Jika menuruti keinginan terus tanpa batas, bisa ditebak belakangnya.

Insya Allah. Semoga Allah paring manfaat barokah. Aamiin.


Baca juga:

Satu tanggapan untuk “Rp 50 Ribu Dapat Apa? Di Balikpapan Bisa 3x Makan Enak Deh”

  1. […] Membaca kisah wisatawan Anyer di detik.com hari ini mengingatkan saya pekan lalu mengalami pengalaman serupa di kota Balikpapan. Padahal, beberapa hari sebelumnya saya bercerita jika uang 50 ribu bisa digunakan membeli makan enak tiga kali. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *